Welcome To Hikari Senpai Studio!

5 Centimeters Per Second

5 Centimeters Per Second: A Chain Of Short Stories About Their Distance (秒速5センチメートル: アチェインオブショートストリーズアバウトゼアディスタンス Byōsoku Go Senchimētoru: A Chein Obu Shōto Sutorīzu Abauto Zea Disutansu) , Nama Ini Diambil Dari Kecepatan Jatuh Kelopak Bunga Sakura. Film Anime Tahun 2007 Oleh Makoto Shinkai Ini Bergenre Drama Dan Romance. Durasi Film 63 Menit Dan Terbagi Menjadi 3 Episode, Yaitu: Cherry Blossom, Cosmonaut, Dan 5 Centimeters Per Second.

Tokoh:

Takaki Tohno (遠野 貴樹)

Takaki Tohno, Ia Adalah Sahabat Akari Saat SD. Karena Pekerjaan Orang Tuanya Dia Terpaksa Sering Berpindah-Pindah Ke Banyak Sekolah. Anak Laki-Laki Ini Lebih Menyukai Untuk Menghabiskan Waktu Istirahatnya Di Perpustakaan. Disitulah Ia Mengenal Akari Yang Juga Sering Menghabiskan Waktunya Di Perpustakaan Sehingga Mereka Menyukai Hubungan Yang Dekat Satu Sama Lain. Takaki Juga Sebenarnya Menyukai Akari.

Akari Shinohara (篠原 明里)

Akari Shinohara, Ia Adalah Sahabatnya Takaki Saat SD. Sama Seperti Takaki, Ia Lebih Menyukai Menghabiskan Waktu Istirahatnya Di Perpustakaan Bersama Takaki. Ia Memiliki Banyak Kesamaan Dengan Takaki Mulai Dari Minat, Dan Juga Sikapnya. Dari Sejak SMP Mereka Berpisah Jarak Tapi Tetap Saling Berkomunikasi Lewat Pos.

Kanae Sumida (澄田 花苗)

Kanae Sumida, Ia Adalah Sahabatnya Takaki Di SMA. Ia Menyukai Takaki Sejak Kelas 2 SMP Dan Sampai Kelas 3 SMA Pun Perasaannya Masih Sama. Tapi Ia Sama Sekali Tidak Bisa Mengungkapkan Perasaannya. Kanae Menyukai Selancar. Ia Sering Pulang Bersama Dengan Takaki. Kakaknya Adalah Guru Di SMA-nya. Sampai Akhir Dia Pun Tidak Menyatakan Perasaannya, Dan Sadar Kalau Hati Takaki Bukan Untuknya.

Cerita

Episode 1: Cherry Blossom

Takaki Dan Akari Adalah Murid Pindahan Di Sekolahnya. Mereka Berdua Lebih Menyukai Menghabiskan Waktunya Di Perpustakaan. Karena Mereka Mempunya Banyak Kesamaan Baik Minat Maupun Sifat. Mereka Cepat Sekali Akrab. Dan Sering Menghabiskan Waktu Brsama-Sama. Mereka Pun Membentuk Suatu Ikatan Yang Kuat. Saat Sebelum Mereka Lulus SMP Akari Berkata Ingin Sekali Lagi Melihat Bunga Sakura Bersama Takaki Dan Berharap Mereka Berada Di SM Yang Sama.

Namun Ternyata Mereka Tidak Bisa Satu Sekolah Lagi Di SMP, Rupanya Akari Terpaksa Pindah Ke Togichi Karena Pekerjaan Orang Tuanya. Walau Begitu Mereka Masih Tetap Berkomunikasi Dengan Saling Surat Menyurat. Setengah Tahun Kemudian, Takaki Sadar Bahwa Ia Juga Akan Pindah Ke Kagoshima. Ia Pun Memutuskan Untuk Pergi Menemui Akari Karena Seminggu Lagi Takaki Akan Pergi Ke Kagoshima Dan Sudah Terlalu Jauh Untuk Mereka Agar Bisa Bertemu Lagi.

Takaki Juga Sudah Mempersiapkan Surat Untuk Akari, Mengungkapkan Perasaannya Yang Sebenarnya.  Namun Di Tengah Perjalanan Ia Menghilangkan Suratnya, Juga Karena Badai Salju Kereta mengalami Keterlambatan Beberapa Jam. Takaki Sudah Tahu Kalau Akari Tidak Mungkin Menunggunya Lagi. Tapi Ia Tetap Datang Ke Tempat Di Mana Mereka Akan Bertemu. Tapi Akari Masih Disitu, Mereka Pun Pergi Ke Tempat Dimana Mereka Akan Melihat Bunga Sakura Bersama Lagi Saat Musim Semi Tiba. Dan Mereka Pun Berbagi Ciuman Pertama Dan Menyadari Bahwa Mereka Tidak Mungkin Dapat Bersama Lagi. Di Sebuah Kandang Kecil Mereka Terdampar Karena Badai Salju. Dan Tertidur Setelah Berbicara Sampai Larut Malam.

Paginya Takaki Pulang Dan Berjanji Akan Terus Menulis Surat Untuk Akari. Ketika Kereta Berangkat Takaki Menyesal Karena Menghilangkan Suratnya Yang Akan Diberikan Kepada Akari Sebagai Ungkapan Perasaannya Yang Sesungguhnya.

Episode 2: Cosmonaut

Disini Menceritakan Kehidupan Takaki Saat Di Duduk Di Bangku Kelas 3 SMA. Ia Sekarang Tinggal Di Daerah Tanegashima. Kanae Sumida, Teman Sekelas Takaki Diam-Diam Telah Menyukai Takaki Sejak Kelas 2 SMP Saat Takaki Datang Sebagai Murid Pindahan. Kanae Pun Sampai Berusaha Mati-Matian Untuk Dapat Satu Sekolah Lagi Bersama Takaki Di SMA Nanti. Namun Kanae Tetap Tak Bisa Menyatakan Perasaannya Kepada Takaki.

Kanae Selalu Berusaha Menghabiskan Waktu Bersama Takaki, Selalu Menyempatkan Diri Untuk Dapat Pulang Bersama-Sama Takaki. Jelas Kalau Kanae Memang Sudah Begitu Menyukai Takaki, Akan Tetapi Di Mata Takaki Kanae Hanyalah Teman Biasa. Kanae Pun Mulai Menyadari Bahwa Takaki Suka Mengirim SMS Kepada Seseorang, Dan Memandang Jauh Ke Langit Seakan-Akan Mencari Sesuatu Yang Amat Jauh. Kanae Berharap Kalau SMS Itu Tertuju Kepadanya. Tapi Ternyata SMS Yang Selalu Diketik Oleh Takaki Tak Pernah Dikirim Ke Siapa-Siapa.

Sebentar Lagi Mereka Pun Akan Lulus SMA, Takaki Berencana Untuk Melanjutkan Kuliah Di Tokyo Sedangkan Kanae Belum Menentukan Untuk Melanjutkan Kemana. Kanae Berpikir Untuk Menyatakan Perasaannya Karena Sebentar Lagi Mereka Akan Berpisah. Ketika Mereka Pulang Bersama-Sama. Kanae Tetap Tidak Bisa Menyatakan Perasaannya Kepada Takaki. Tiba-Tiba Motor Kanae Mogok Dan Takaki Menemani Kanae Pulang. Lalu  Takaki Dan Kanae Pun Berjalan Kaki Bersama-Sama. Kanae Pun Sadar, Takaki Memang Baik Tapi Hati Takaki Bukan Untuknya. Ia Pun Menangis Dan Merelakan Takaki.

Episode 3: 5 Centimeters Per Second

Tahun 2008, Takaki, Akari, Dan Kanae Sudah Berpisah Satu Sama Lain. Takaki Menjadi Seorang Programmer Komputer Di Tokyo, Akari Sedang Mempersiapkan Diri Untuk Pernikahannya Dengan Lelaki Lain, Sedangkan Kanae Masih Menyukai Untuk Berselancar Sepertinya. Lalu Takaki Pun Masih Tetap Merindukan Akari, Walau Ia Sudah Mempunyai Seorang Pacar Bernama Mizuno Tapi  Hatinya Masih Untuk Akari.

Mizuno Dan Takaki Sudah Berpacaran Selama 3 Tahun. “Walau Kita Sudah Saling Mengirim 100 SMS Pun Hati Kita Tidak Akan Mendekat 1 Cm Pun.” Takaki Pun Mengalami Depresi Berat Dan Keluar Dari Pekerjaannya. Lalu Akari Pun Menemukan Surat tua Yang Tertuju Untuk Takaki Dulu. Mengingatkan Mereka Akan Janji Mereka Dulu Untuk Melihat Bunga Sakura Bersama-Sama Lagi. Walau Sudah Begitu Lama Berlalu, Mereka Masih Berharap Dapat Bertemu Lagi Dan Menyaksikan Bunga Sakura Bersama-Sama.

Epilognya, Mereka Berpapasan Di Tengah Jalur Kereta Api Di Tengah Bunga Sakura Berguguran. Lalu Mereka Menyadarinya Dan Langsung Saling Menengok Ke Belakang. Akan Tetapi Tiba-Tiba Kereta Api Menghalangi Pandangan Mereka. Takaki Pun Menunggu Kereta Tersebut Lewat. Namun Akari Sudah Menghilang Dari Pandangannya. Takaki Tidak Mengejar Akaki Melainkan Terus Berjalan Kembali.

THE END

Berikut Adalah Video Trailernya:

By: Hikari Senpai

2 responses

  1. Pingback: Tweets that mention 5 Centimeters Per Second « Hikari Studio -- Topsy.com

  2. you should use a weight loss calculator

    October 26, 2010 at 5:40 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s