Welcome To Hikari Senpai Studio!

Style Gambar Komik Indonesia, Pentingkah Itu?

Komik Indonesia Sudah Mulai Bangkit Kembali, Akan Tetapi Banyak Orang Indonesia Yang Masih Mendebatkan Tentang Style Yang Mereka Gunakan. Yaitu Style Yang Mirip Manga Jepang.

Sekarang :

1. Pentingkah Style Gambar Yang Dipakai?

2. Yang Bagaimanakah Style Komik Indonesia?

3. Mengapa Banyak Komikus Indonesia Menggunakan Style Manga?

4. Mengapa Mereka Tidak Menggunakan Style Indonesia?

Jawaban:

1. Visual style gambar yang dipakai bukanlah hal penting, karena hal tersebut bersifat individual. lagipula tidak ada style jepang, style amerika, yang ada hanyalah style nama orang tersebut.

lalu gambar di bawah ini adalah gambar para komikus jepang.

pertanyaan: manakah yang style jepang?

apakah ada kemiripan dari gambar gambar diatas walau mereka sama sama komikus jepang? tentu saja tidak karena visual style memang sesuat yang bersifat individual.

lagipula sekarang ini adalah era globalisasi, tidak ada orang yang tidak terpengaruh oleh dunia luar. kecuali dia adalah orang pedalaman yang belum mengenal ‘internet’.

mereka diatas tidak menggunakan style jepang, mereka menggunakan style mereka sendiri. mereka juga pasti terinfluence karena mereka bukan manusia pertama.

Osamu Tezuka pun terinspirasi dari Disney, apa salahnya sekarang komikus indonesia terinspirasi Manga? biarkan dulu mengalir. lagipula mereka tidak plagiat sama sekali.

“Di dunia ini tidak ada visual style seorang yang sama, akan tetapi di dunia ini juga tidak ada visual style yang murni dan asli”

yang ada hanya suatu kemiripan, dan itu bukanlah hal yang salah.

2. Tidak ada yang namanya style indonesia, apakah yang kalian maksud style indonesia adalah ini?

Style yang digunakan gundala adalah realis. tidak jauh berbeda dengan komik komik Amerika. tapi tetap ia dianggap sebagai komik Indonesia.

Style yang digunakan tidak jauh beda dengan style SUPERMAN, tapi GUNDALA tetap pahlawannya Indonesia.

Jadi apa salahnya kalau Indonesia sekarang mengikuti jejak yang lama. akan tetapi ceritanya tidak terlalu meniru, tidak seperti yang dulu.

4HERO -Mazjojo- dan AIRGEAR -Ogure- apakah menurut kalian memiliki visual style yang mirip di mata kalian? yang saya tahu, ceritanya sama sekali tidak mirip.

3. Jika ditanya mengapa banyak komikus Indonesia menggunakan style yang mirip dengan style style komikus jepang, menurut saya mereka terinspirasi atau terpengaruh. Sejak kecil banyak animasi Jepang beredar di TV, sampai sekarang pun masih banyak. Itu yang membuat komikus Indonesia lebih terpengaruh.

Dan setahu saya juga, negara-negara dekat Amerika pun menggunakan style yang hampir sama dengan style komikus Amerika. jadi itu hal yang wajar, inilah era globalisasi. Dimana tidak ada satupun yang tidak terpengaruh dengan keberadaannya.

Indonesia adalah negara yang masih berkembang, ibarat anak kecil ataupun remaja. Mereka masih dalam proses meniru dan berkembang. Mereka belum bisa berdiri sendiri, oleh karena itu biarkanlah style Indonesia berkembang dengan sendirinya, biarkan mengalir bagai air.

4. Menciptakan sebuah style tidak semudah membalikkan telapak tangan, itu adalah hal yang diperlukan sangat lama. Lagipula identitas visual style orang orang tidak bisa dikelompokkan menjadi satu negara. Dan oleh karena itu, kita tidak bisa membuat satu style untuk ramai-ramai. Karena ada saja perbedaan ciri khas, karena tangan kita antara satu sama lain tidaklah sama. Dengan sendirinya kita akan membuat ciri khas masing masing. Dan awal dari berkembang itu meniru. Tidak ada seorangpun yang tidak diawali meniru.

Dan jika dukungan para orang Indonesia begitu besar terhadap komik buatan sendiri, tidak ada yang tidak mungkin. Komik Indonesia bisa go International, bahkan menyaingi komik-komik Jepang, Korea, Amerika, Dsb. Maka dari itu..

“Mulailah Mencintai Komik Indonesia Dan Dukung Pergerakannya!”

Sekian Dari Saya, Hikari Senpai. Terima Kasih Atas Perhatiannya.

Dua Kata Dari Saya, “No Offense”

4 responses

  1. benar..benar

    May 27, 2011 at 2:30 PM

  2. terima kasih telah mengunjungi blog saya ^^

    May 27, 2011 at 2:53 PM

  3. Oni

    yahh, ini mah perdebatan kuno yg ngga ada habis-habisnya kalo dibahas…

    tapi nice post kok :D

    btw, ini cuma saran sih. tapi mungkin kalo bisa kasih contoh gambar style manganya yg lebih bervariasi lagi. misalnya Akira, Vagabond (♥), Doraemon, 009, Pluto, Rose of Versailles, Kungfu Boy… itu semuanya manga, tapi gaya gambarnya masing2 beda XD …

    July 13, 2011 at 1:23 PM

  4. iya bener banget. saya juga setuju tapi masalahnya agak ribet masuk2in gambar hahahaha X3

    August 14, 2011 at 10:58 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s