Welcome To Hikari Senpai Studio!

Hargailah Komikus Lokal

Helo saya membuat post ini dengan maksud baik, no offense kepada pihak manapun. Ini hanya untuk bahan perenungan saja.

Tahukah kalian, pekerjaan menjadi komikus di Indonesia adalah hal yang tidak semudah kalian bayangkan. Jangan samakan pekerjaan komikus Indonesia dengan di Jepang. Perbedaan pendapatan sangat jauh, lagipula tidak banyak penerbit yang menerima komik Indonesia.

Saya sebagai komikus amatir Indonesia juga prihatin dengan kemajuan komik Indonesia, dengan penghasilan yang benar-benar kurang, serta susahnya mencari penerbit lokal, dan masih asingnya komik Indonesia di mata masyarakat membuat para komikus untuk berpikir dua kali untuk bekerja sebagai komikus.

Akan tetapi, tahun 2009 komik Indonesia mulai bangkit kembali. Sudah 30 lebih komik Indonesia diterbitkan selama setahun lebih ini. Namun komikus Indonesia masih belum bisa menjadikan pekerjaan komikus sebagai pekerjaan primer. Kebanyakan dari mereka memiliki satu pekerjaan lagi untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Karena itu bagi mereka yang bekerja sebagai komikus Indonesia pun tidak bertujuan penuh untuk merauk untung dari pekerjaan mereka. Kebanyakan mereka hanya ingin memajukan komik Indonesia dengan terus berkarya. Dan menurut saya, tidak sedikit dari mereka yang memiliki kualitas bagus baik cerita maupun gambar. Dari beberapa forum saya menemukan komik yang berisikan curhatan komikus Indonesia, dan saya merasa begitu prihatin dengan komikus Indonesia.

Maka dari itu wahai warga Indonesia, tolonglah kalian lirik sedikit komik bangsamu sendiri. Hanya karena itu buatan lokal bukan berarti hasilnya low class, banyak juga yang setara internasional. Mereka bekerja sebagai komikus untuk memperkenalkan kepada Indonesia komik Indonesia.

Seorang komikus berkata, “Kalau semua orang berpikir menjadi komikus adalah pekerjaan yang tidak mapan, Kapan komik Indonesia berkembang!” kurang lebih begitu.

Maka dari itu, saya hanya seorang amatir yang hanya bisa membeli dan memperkenalkan komik Indonesia kepada masyarakat. Yang hanya ingin saya sampaikan tolong hargai komikus lokal, karena saya juga prihatin dengan beberapa orang yang menentang komik lokal hanya karena visual style-nya. Padahal komik Indonesia adalah komik Indonesia yang memperkenalkan dan membawa budaya, lingkungan dll tentang Indonesia di dalamnya. Dan menurut saya Visual Style adalah hal yang bukan termasuk bagian dari Komik Indonesia.

Komik Indonesia tidaklah seburuk yang kalian bayangkan, Banyak juga dari mereka yang kreatif dan inovatif. Sekian dari saya pernyataan tentang komikus lokal,no offense guys.

Hikari Senpai

Leave a Reply

