Welcome To Hikari Senpai Studio!

Prosedur Kerja Sama Penerbitan Komik Koloni – 2011

Yang terhormat seniman komik Indonesia,

 

pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas minat Anda untuk bekerjasama dengan Koloni untuk menerbitkan komik Indonesia, dan tentunya terima kasih karena sudah membaca komik Koloni :)

 

Tak terasa sudah lebih dari dua tahun Koloni versi 2 berjalan, dan dalam perjalanan itu kami merasa ada beberapa persyaratan pengajuan komik yang perlu ditambahkan :)

 

Berikut tata cara terbaru bagi pengajuan proposal kerja sama/pengajuan komik kepada kami:

  • Siapkan premis (esensi/pesan cerita), logline, dan sinopsis (dalam bentuk poin-poin saja), juga desain karakter karya Anda (desain karakter lebih disukai bila dalam bentuk berwarna).
  • Jelaskan strategi/poin plus dari cerita ini semisal: cerita “Pitung Millenium” adalah cerita aksi, mengetengahkan elemen “from  zero to hero” yang sukses dilakukan T. Maekawa pada komik Kungfu Boy, dengan elemen humor slapstick sejenis dengan Cyborg Kurochan (contoh karya: halaman 3, panel 1 sampai 5).
  • Siapkan contoh karya. Bisa dari contoh komik yang sudah pernah dibuat sebelumnya (komik indie, komik digital, atau komik yang sudah pernah terbit di penerbit lain). Supaya bisa memberikan kesan positif, pilih yang paling representatif atau yang paling mutakhir, jangan karya lama.
  • Siapkan pula naskah komik yang akan diajukan. Boleh satu buku yang sudah jadi, boleh 10 halaman sudah dalam bentuk final, paling ideal: dalam 1 bab/chapter, sehingga kami bisa menilai kemampuan bercerita Anda. Ajukan contoh karya yang terbaik. Bila memang belum maksimal, coba buat dulu sampai maksimal baru diajukan.
  • Ceritakan/presentasikan mengapa kami sebaiknya menerima komik Anda. Tonjolkan kelebihan Anda. Misalnya, dengan menyinggung prestasi dalam dunia penulisan/dunia komik. Galang fans di dunia maya. Galang fans di sekolah/kampus/tempat les. Bila menguntungkan, sertakan sales report komik terakhir Anda dari penerbit karya Anda sebelumnya. Ini akan menguntungkan Anda sendiri, tatkala kami dihadapkan pada pilihan prioritas dua karya dari komikus berbeda yang sama bagusnya, sementara kami hanya bisa menerbitkan satu karya saja. Tentu faktor yang paling menentukan adalah karyanya itu sendiri.
  • Untuk komikus yang benar-benar baru, ada baiknya berkonsultasi dulu kepada editor lepas/komikus senior/ tokoh komunitas pembaca komik/sebelum melakukan presentasi kepada kami. Buatlah komik dalam bentuk pilot/ cerita pendek/prolog yang bisa disertakan untuk komik  kompilasi atau misalnya bentuk majalah komik.
  • Untuk komikus yang sudah punya karya, kami sarankan membuat karya dengan tokoh yang sama untuk diproyeksikan menjadi cerita bersambung (seperti Garudayana, Garudaboi).
  • Sertakan alamat email pada proposal karena kami akan menjawab proposal ini melalui email. Jawaban atas submisi akan diberikan sampai paling lama 3 bulan.

Terkadang proposal dalam bentuk tertulis tidak bisa menangkap semangat atau makna sejati yang ingin Anda komunikasikan. Oleh sebab itu, bentuk presentasi dalam bentuk klip video yang disertakan pada CD contoh karya amat sangat disarankan (bagi komikus yang mengirimkan karya melalui pos). Namun bila hal ini memberatkan, proposal tertulis tetap kami terima.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, untuk pertanyaan lebih lanjut dan menghindari informasi yang simpang-siur, silakan tulis surat pada kami ke

gupta@m-c.gramediapublishers.com atau koloni@m-c.gramediapublishers.com

 

Salam komik Indonesia! Salam Koloni!

Redaksi komik Koloni

12 Januari 2011

 

Sumber:

http://www.facebook.com/note.php?note_id=497132903909

5 responses

  1. DESTA

    APA CERITA ACTION MIRIP SHAMAN KING BLOOD BISA DI TERIMA

    July 5, 2011 at 8:45 PM

    • DESTA

      THAKZ BNGET ATAS SARANNYA

      July 5, 2011 at 8:54 PM

    • ya tergantung seberapa orisinil cerita dan kekreatifannya. selama merasa hanya terinspirasi oleh shaman king mungkin aja bisa ^^

      maaf telat balesnya.

      July 6, 2011 at 2:17 PM

  2. ricky

    apakah komik berwarna bergaya non-manga (eropa/amerika/manhua atau perpaduan dari semua) bisa diterima?mengingat jarang sekali ada komik full color karena kebanyakan komik indo mengadaptasi manga.salam

    July 30, 2011 at 10:28 AM

  3. Benny

    klw karya komikus thn 70an seperti U.syahbudin,masih g nerima?????thank’s.

    November 11, 2011 at 10:24 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s