Welcome To Hikari Senpai Studio!

Komikus Muda Mulai Go International

SEJUMLAH anak muda, sebagian masih remaja, nongkrong di Taman Pintar Yogyakarta. Mereka tak sekadar kongkow namun sekalian berdiskusi sambil sesekali terselip canda dan tawa. Maklum saja, namanya juga masih ABG. Lantas apa yang mereka bicarakan sore-sore menjelang matahari redup di tempat bermain anak-anak?

’’Ini hanya soal tempat kok, bagi kami kumpul di mana saja nggak masalah yang penting bisa berdialog dan mendiskusikan berbagai hal,’’ tutur Alhamra  yang mengomandani kumpulan tersebut.

Weleh…apa sih yang sebenarnya jadi pembicaraan? Ternyata…soal komik. Ya, mereka adalah anak-anak muda pecinta komik sekaligus pembuatnya. Tak melulu membaca tapi juga pintar mencoret-coret di atas berlembar-lembar kertas dan jadilah komik. Bayangkan, anak-anak muda, malah ada yang masih SMA sudah begitu lihai memainkan pena, membuat sket, memberinya jalan cerita, dan sekaligus mewarnainya.
Dia dan teman-temannya menamai kumpulan pecinta sekaligus pembuat komik dengan titel Anemone. Konon nama itu diambil dari tumbuhan laut yang mampu menjerat hewan di sekitarnya. Memang, mereka ingin menjerat penggemar komik dengan komik asli buatan anak-anak Indonesia.

Beberapa tahun ini komik Jepang, Amerika, dan Eropa menyerbu Indonesia. Dan yang paling mendapat respons adalah komik Jepang atau dikenal dengan istilah manga. Begitu pula Alhamra dan komunitasnya, sebagian besar memang terinspirasi dari manga karena sehari-hari bacaan dan tontonan di rumah terbiasa dengan itu.

’’Coretan-coretan kami boleh saja dibilang manga banget karena memang dari sanalah idenya. Namun ini murni buatan kami sendiri begitu pula jalan ceritanya. Kalau pembuat komik asing bisa go international, kami juga harus bisa,’’ tandasnya dibenarkan rekan-rekannya.
Ke Malaysia Sejak kumpul delapan bulan lalu, Anemone tengah menggarap pesanan dari sebuah majalah. Kecuali itu sebenarnya ada tawaran dari penerbit nasional untuk membuat komik plus jalan cerita yang sesuai dengan Indonesia serta bermuatan edukasi. Sayangnya, mereka masih belum PD alias percaya diri karena perlu banyak belajar.

’’Tapi pada saatnya tawaran semacam itu akan kami terima, sekarang konsentrasi dulu pada garapan yang sudah segera harus jadi karena sebagian dari kami mau berangkat ke Malaysia,’’ imbuh Andri, teman kuliah Alhamra di MSD Yogyakarta.

Proses pembuatan komik tidaklah sesederhana yang kita bayangkan. Di Anemone, ada penulis naskah sendiri yang menuangkan idenya ke dalam cerita. Kemudian seseorang menerjemahkannya ke dalam gambar-gambar alur cerita atau dikenal story board. Berlanjut lagi ke penggambaran dengan pensil, mempertegas dengan tinta, dan mewarnai serta tak ketinggalan background.

’’Ada diskusi evaluasi guna melihat secara detail hasilnya, sudah OK atau perlu pengurangan dan penambahan. Prosesnya cukup panjang kalau memang ingin hasil maksimal,’’ tandasnya.

Soal keberangkatan ke Negeri Jiran, dia mengungkapkan, merupakan proses magang di sebuah perusahaan animasi besar dan ternama. Setelah melalui proses seleksi, terpilih 10 mahasiswa MSD yang bulan ini sudah harus berada di sana. Tampaknya perusahaan tersebut melihat potensi anak-anak muda yang bisa diajak bekerja sama.

Yang penting bagi Andri, begitu pula temannya, dpat mengasah kemampuan dan merasakan bersaing di dunia kerja internasional. Pengakuan terhadap eksistensi komikus Indonesia inilah yang mau ditonjolkan kelak. Terpaan komik asing sudah sangat deras dan satu-satunya yang bisa membendung dalam arti menjadi pesaing adalah karya sendiri di negeri sendiri.

One response

  1. Pingback: Tweets that mention Komikus Muda Mulai Go International « Hikari Studio -- Topsy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s